Entri yang Diunggulkan

Kapal selam Nanggala-402

Gambar
MENGAPA AWAK KAPAL SELAM TIDAK BERUSAHA KELUAR MENYELAMATKAN DIRI Untuk mengetahui jawabannya, mari kita lebih dulu diskusi perihal tekanan udara, ya Tekanan udara diukur dalam satuan Atm (Atmosfer). Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti sekaligus menekan permukaan Bumi, termasuk permukaan lautan. Karena kita hidup dipermukaan bumi, Maka dikehidupan sehari-hari, tubuh kita mendapat tekanan udara sebesar 1 atm. 1atm = 1,033 Kg/Cm2. Artinya = Lapisan Atmosfer Bumi akan menekan setiap satu sentimeter persegi permukaan tubuh kita dengan tekanan seberat 1 Kilogram, lebih dikit. Dan tekanan maksimal yang mampu diterima manusia adalah antara 4-5 atm. Di laut,  tekanan 1 atm akan dialami disetiap kedalaman 10 meter. Jadi jika di laut kita menyelam sedalam 10 meter maka tubuh kita akan mengalami tekanan sebesar 2 atm Perinciannya sbb = 1 atm tekanan atmosfer Bumi diatas permukaan laut + 1 atm tekanan air laut dikedalaman 10 meter dibawah permukaan laut. Anggaplah KRI Nanggala-402 memil

CONTOH LAPORAN PRAKERIN SMK PSM RANDUBLATUNG


SISTEM PELAYANAN PENGIRIMAN WESEL
DI KANTOR POS DOPLANG


KECAMATAN JATI
 
 
DI SUSUN OLEH :
NAMA                              : NINDY FEISA ARVIANI
NIS                                   : 1772
BIDANG KAHLIAN      : BISNIS DAN MANAJEMEN
PROGRAM KEAHIAN : ADMINISTRASI PERKANTORAN


YAYASAN PERGURUAN ISLAM PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN
SMK PSM RANDUBLATUNG
TAHUN AJARAN 2012/2013





YAYASAN PERGURUAN ISLAM PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ( SMK ) PSM
STATUS TERAKREDITASI B
Jln. Onggososro No 27 Telp ( 0296 )8109689 Randublatung Blora 68382
AKTE NOTARIES : No. 11. 1958 NSS : 344031602008 NPS : 4303140010

TANDA PENGESAHAN LAPORAN

NAMA SEKOLAH               : SMK PSM RANDUBLATUNG
BIDANG KAHLIAN                        : BISNIS DAN MANAJEMEN
PROGRAM KEAHIAN        : ADMINISTRASI PERKANTORAN
NAMA                                    : NINDY FEISA ARVIAN
SISTEM PELAYANAN PENGIRIMAN WESEL
DI KANTOR POS JATI
KECAMATAN JATI


 





                                                                                                                         

Randublatung……………………..2013

Di Setujui
Guru Pembimbing



TITIK YULIANA , SE
Penulis




NINDY FEISA ARVIANI

MENGETAHUI
SMK PSM RANDUBLATUNG



PASIMAN . S,Pd, M. Pd

MOTTO DAN PERSEMBAHAN

MOTTO
Ø  Kejarlah ilmu sampai ke negeri cina
Ø  Belajarlah dari kesalahan
Ø  Hidup tak kan indah tanpa suatu karya
Ø  Jadilah orang yang berguna bagi orang lain
Ø  Jangan menyerah untuk apa yang kamu inginkan
Ø  Strat everthing with love

PERSEMBAHAN
Laporan ini penulis pesembahkan kepada :
v  Ayah dan ibu tercinta
v  Serta sehabat – sahabat karibku
v  Kakak dan adik yang ku sayang
v  Pembaca yang budiman


KATA PENGANTAR

Assalammualaikum wr. Wb.
Puji syukur senantiasa kami haturkan kehadirat Allah SWT karena taufik dan hidayah-Nya, Kami dapat menyelesaikan laporan Prakerin dengan baik .
Dalam Prakerin ini sangat memungkinkan bagi para pelajar agar mampu beradaptasi dengan lingkungan dunia usah maupun dunia indutri sehingga dengan adanya program pembelajaran di SMK PSM Randublatung dapat menambah mutu Pendidikan berkualitas. Dengan diadakannya Pendidikan Prakerin kami semua dapat menerima dengan baik tanpa ada hambatan suatu apapun .
Pada kesempatan ini izinkanlah kami untuk mengucapkan terima kasih kepada :
1.       Bapak Pasiman, S.Pd. M.P.d selaku kepala SMK PSM Randublatung
2.       Bapak Winarno selaku pembimbing dari instansi kecamtan jati yang telah berkenan memberi izin untuk Prakerin 2013.
3.       Ibu Titik Yuliana, SE selaku pembimbing dari sekolah
4.       serta semua pihak yang telah membantu terselesainya Prakerin.
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Jadi kritik dan saran yang sifatnya membangun dari pembaca laporan ini penulis harapkan.
Semoga laporan ini bermanfaat bagi penulis khusunya dan pembaca umumnya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Randublatung ………………2103
Penulis

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL..................................................................................   i
HALAMAN PENGESAHAN ...................................................................   ii
MOTTO DAN PERSEMBAHAN .............................................................   iii
KATA PENGANTAR................................................................................   iv
DAFTAR ISI...............................................................................................   v
BAB I PENDAHULUAN
1.1.   Latar Belakang...............................................................................   1
1.2.   Tujuan Laporan..............................................................................   1
1.3.   Metode Pengumpulan Data............................................................   1
1.4.   Sistematika Penulisan.....................................................................   2
BAB II PROSES KERJA
2.1.   Latar Belakang/Sejarah Instansi.....................................................   3
2.2.   Sruktur Organisasi..........................................................................   3
2.3.   Proses Pengerjaan...........................................................................   4         
2.4.   Hasil yang dicapai..........................................................................   5
2.5.   Waktu dan tempat pelaksanaan......................................................   5
BAB III PENUTUP
3.1.   Kesimpulan.....................................................................................   6
3.2.   Saran...............................................................................................   6
LAMPIRAN (lembar konsultasi)


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.   Latar Belakang Masalah
Dewasa ini perusahaan jasa terutama yang berhubungan dengan jasa pengiriman uang sangat diperlukan. Perusahaan milik pemerintah yang melayani kebutuhan masyarakat dalam hal pengiriman uang harus siap bersaing dengan perusahaan swasta sejenis yang memiliki tenaga tinggi. Dengan persaingan ini, perusahaan jasa dituntut untuk mampu mempertahankan dirinya dengan cara meningkatkan kwalitas pelayanan secara berkesinambungan.
PT. Pos Indonesia (Persero) merupakan badan usaha milik Negara yang memberikan pelayanan pada masyarakat dalam bidang layanan pengiriman berita, pelayanan pengiriman barang atau paket, layanan pengiriman uang, dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang keagenan. Dalam hal ini peranan pelayanan pelanggan sangat berperan dalam memberikan pelayanan weselpos yang ada pada PT.Pos Indonesia (Persero) Jati “DOPLANG”

1.2.   Maksud dan Tujuan Penulis
Dalam penyusunan laporan ini penulis memiliki tujuan yaitu :
               1.      Untuk mengetahui tujuan pelayanan wesel pos pada PT pos Indonesia (Persero) Jati, Doplang.
               2.      Untuk mengetahui prosedur dan pengolahan pelayanan wesel pos pada PT. Pos Indonesia (persero) jati, Doplang
               3.      Untuk mengetahui factor-faktor yang mendukung atau menghambat dalam pengolahan pelayanan wesel pos pada PT. Pos Indonesia (persero) Jati, Doplang

1.3.   Metode Pengumpulan Data
Dalam penulisan menggunakan 3 metode

               1.      Observasi
Yaitu pengalaman secara langsung pada PT. Pos Indonesia Jati Doplang
               2.      Wawancara
Wawancara adalah dengan bertanya langsung dengan pembimbing instansi
               3.       Metode literature
Yaitu pengumpulan melalui buku-buku yang dapat menunjang penyusunan laporan

1.4.   Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan laporan/proposal ini meliputi :
BAB I PENDAHULUAN  : Pada bab ini berisi tentang latar  belakang masalah, maksud dan tujuan penulisan, metode pengumpulan data, sistematika penulisan
BAB II PROSES KERJA : Pada bab ini berisi sejarah instansi, struktur organisasi, proses pengerjaan, hasil yang dicapai, waktu dan tempat pelaksanaan
BAB III PENUTUP          :  Pada  bab  ini  berisi  tentang  kesimpulan dan saran

BAB II
PROSES KERJA

2.1.   Sejarah Instansi
PT. Pos Indonesia sebelumnya masih dikenal dengan nama kantor pos dan giro. Dahulu kantor pos dan giro hanya digunakan masyarakat atau penduduk hanya sebagai kantor pengiriman surat saja. Karena pada jaman dahulu belum berkembang atau belum modern seperti sekarang ini. Kantor pos dan giro berdiri sekitar tahun 1970 yang beranggotanya :
Kepada  kantor/pimpinan : Bpk. Suwiyo
Bapak Ladiman
Bapak Mansyur
Setelah kepala kantor Bapak Suwiyo pension digantikan oleh Bapak Sukarno, kemudian bapak Sukarno dipindah di Kantor Pos Randublatung, dan kini telah diganti oleh bapak Winarno selaku kepala kantor pos dan giro sekarang ini. Beliau lahir di Kedung Tuban dan menempati PT Pos Indonesia cabang Jati Doplang yang kini beranggota :
a.       Kepala kantor/pompinan        : Bapak Winarno
b.      Anggota/Pengantar                : Agung S

2.2.   Struktur Organisasi

STRUKTUR ORGANISASI
PT POS INDONESIA JATI-DOPLANG
Pimpinan

Winarno
Pengantar

Agung S
 








2.3.   Proses Pengerjaan
              1.         Pengiriman Wesel
Langkah-langkah pertama petugas menawarkan jenis-jenis pengiriman wesel, setelah itu petugas mengecek uang yang akan dikirim terlebih dahulu, apakah itu sudah cukup atau belum, jika belum petugas bisa meminta uang kembali kepada pengirim apabila uang itu kurang. Agar tidak terjadi kerugian kepada pihak kantor pos maupun pengirim. Setelah itu petugas menulis alamat dan nama pengirim pada register wesel pos. setelah selesai menulis alamat, petugas memasukkan data tersebut dengan teliti, jika penulisan alamat ada yang salah maka wesel tidak terkirim sesuai dengan alamat yang dituju.
Setelah memasukkan data dalam computer biasanya pengirim akan diberikan tanda bukti pengiriman yang didalamnya terdapat biaya atau potongan-potongan dan didalamnya tanda bukti itu ada nomor resi, dan nomor resi itu adalah kode tertentu (biasanya 13 digit) yang digunakan untuk jasa pengiriman barang sebagai kode unik untuk setiap pengiriman barang dan sifatnya rahasia. Nomor resi sifatnya rahasia dan yang boleh tahu hanya pengirim dan penerima saja.
Kegunaan nomor resi berfungsi untuk mengecek atau menelusuri sudah sampai dimana pengiriman wesel tersebut dan juga untuk memastikan wesel/barang tersebut telah sampai kepada alamat yang dituju.
              2.         Jenis-Jenis Wesel Pos
Dalam pengiriman terdapat 3 jenis wesel yaitu :
·         Wesel biasa, wesel yang pengirimannya 4-5 hari dan tariff biayanya berkisar Rp. 7.000,- dan itu tergantung jarak yang akan dikirim
·         Wesel prima, wesel yang pengirimannya 2-3 hari dan tariff biayanya berkisar Rp. 14.000,- dan itu juga tergantung banyaknya uang yang akan dikirim
·         Wesel Instan, wesel yang pengirimannya lebih mahal dari pada via ATM. Untuk pengiriman uang Rp. 200.000 biaya yang dibebankan sebesar Rp. 16.000, untuk Rp. 201.000- Rp. 5.000.000 biaya yang dibebankan sebesar Rp. 27.000 dan bisa langsung diambil oleh Penerima.

2.4.   Hasil Yang Dicapai
·         Dapat  menangani dan mengelola dokumen secara sistematis
·         Menambah pengalaman bagi penulis tentang pengelolaan
·         Menambah kedisiplinan dan tanggung jawab
·         Menjadikan penulis bersifat lugas dan tegas
·         Terjadi hubungan kerjasama yang baik dengan instansi
·         Dan penulis tahu tentang cara bekerja di kantor

2.5.   Waktu dan Tempat Pelaksanaan
               1.       Waktu pelaksanaan prakerin (Praktek  Kerja Industri)
Waktu pelaksanaan prakerin tanggal 25 Februari sampai dengan tanggal 24 Mei 2013
               2.       Tempat pelaksanaan prakerin (Praktek Kerja Industri)
Tempat pelaksanaan prakerin di PT Pos Indonesia cabang Doplang

BAB III
PENUTUP

3.1.   Kesimpulan
Dalam pelaksanaan PSG (prakerin) selama 3 bulan di PT POS INDONESIA (PERSERO) kami mendapat suatu bekal ilmu yang sangat bermanfaat dan bekal tersebut dapat kami gali dan kembangkan sebagai bekal utama untuk terjun langsung kedunia kerja industry dan dunia usaha yang akan kami hadapi dalam persaingan era nyata (persaingan bebas nyata mendatang)
Selain itu PT POS INDONESIA (PERSERO) Jati-Doplang juga ikut bekerjasama dengan badan-badan usaha lainnya untuk memberikan kemudahan bagi para pelanggan, misalnya untuk membayar pajak, telepon dan sebagainya.
Dalam penyusunan laporan ini penulis menyadari masih banyak kesalahan dan kekurangan. Akhirnya tiada kata yang paling indah kecuali puji syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT sempurna atas berjuta nikmat yang tercurah dan kita rasakan sampai saat ini.

3.2.   Saran
              1.      Bagi PT POS INDONESIA (PERSER) Jati-Doplang
·         Agar memperhatikan proses kerja karyawan
·         Kepada seluruh pegawai agar meningkatkan dan mengutamakan kedisiplinan
·         Meningkatkan kerjasama dalam sistematika kerja dengan berdasarkan kekeluargaan
·         POS sebagai penyedia jasa hendaknya tidak membeda-bedakan pelanggan maupun menerima keluhan dari berbagai kalangan masyarakat dengan tingkat sosial yang berbeda-beda


              2.      Bagi sekolah
Kami menyarankan kepada pihak sekolah atau guru yang telah ditunjuk sebagai pembimbing agar lebih memperhatikan kembali siswa-siswinya selama Kegiatan (Prakerin)


LEMBAR KONSULTAN
LAPORAN PSG (PRAKERIN)
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Hari/Tanggal
Materi yang dikonsultasikan
Saran pemecahan
paraf
12/06/2013
Judul
Menentukan judul yang sesuai dengan yang dilaporkan prakerin

19/06/2013
PSG
Sistematika penulisan
Proses pengerjaan
Jadi 1 paragraf tiap bab diperjelas
Tariff biaya pengiriman disertakan

24/07/2013
Sistematika nomor resi
Menjadi 1 paragraf dijelaskan

02/09/2013
ACC





Komentar

  1. Informasi yang menarik dan bermanfaat, Semoga Sukses selalu, salam hangat dari kami yang masih magang di Tempat Magang Di Jogja :D

    BalasHapus
  2. semoga anda senang dan berhasil ,,,maaf kurang bagus baru pertama buat laporan - laporan PRAKERIN

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH QADHA' DAN QADAR

LAPORAN PRAKERIN DI KANTOR KECAMATAN GABUS

MAKALAH K3LH SMK