SISTEM PELAYANAN PENGIRIMAN WESEL
DI KANTOR POS DOPLANG
KECAMATAN JATI
DI SUSUN OLEH :
NAMA : NINDY FEISA
ARVIANI
NIS : 1772
BIDANG
KAHLIAN : BISNIS DAN MANAJEMEN
PROGRAM
KEAHIAN : ADMINISTRASI PERKANTORAN
YAYASAN
PERGURUAN ISLAM PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN
SMK PSM RANDUBLATUNG
TAHUN AJARAN 2012/2013
YAYASAN
PERGURUAN ISLAM PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN ( SMK ) PSM
STATUS TERAKREDITASI B
Jln. Onggososro No 27
Telp ( 0296 )8109689 Randublatung Blora 68382
AKTE NOTARIES : No. 11. 1958 NSS : 344031602008 NPS
: 4303140010
TANDA
PENGESAHAN LAPORAN
NAMA
SEKOLAH : SMK PSM
RANDUBLATUNG
BIDANG
KAHLIAN : BISNIS
DAN MANAJEMEN
PROGRAM
KEAHIAN : ADMINISTRASI PERKANTORAN
NAMA : NINDY
FEISA ARVIAN
SISTEM
PELAYANAN PENGIRIMAN WESEL
DI
KANTOR POS JATI
KECAMATAN
JATI
|
Randublatung……………………..2013
Di Setujui
Guru Pembimbing
TITIK
YULIANA , SE
|
Penulis
NINDY
FEISA ARVIANI
|
MENGETAHUI
SMK PSM RANDUBLATUNG
PASIMAN
. S,Pd, M. Pd
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
MOTTO
Ø Kejarlah ilmu sampai ke negeri cina
Ø Belajarlah dari kesalahan
Ø Hidup tak kan indah tanpa suatu karya
Ø Jadilah orang yang berguna bagi orang lain
Ø Jangan menyerah untuk apa yang kamu inginkan
Ø Strat everthing with love
PERSEMBAHAN
Laporan ini penulis pesembahkan kepada :
v Ayah dan ibu tercinta
v Serta sehabat – sahabat karibku
v Kakak dan adik yang ku sayang
v Pembaca yang budiman
KATA PENGANTAR
Assalammualaikum
wr. Wb.
Puji
syukur senantiasa kami haturkan kehadirat Allah SWT karena taufik dan
hidayah-Nya, Kami dapat menyelesaikan laporan Prakerin dengan baik .
Dalam
Prakerin ini sangat memungkinkan bagi para pelajar agar mampu beradaptasi
dengan lingkungan dunia usah maupun dunia indutri sehingga dengan adanya
program pembelajaran di SMK PSM Randublatung dapat menambah mutu Pendidikan
berkualitas. Dengan diadakannya Pendidikan Prakerin kami semua dapat menerima
dengan baik tanpa ada hambatan suatu apapun .
Pada
kesempatan ini izinkanlah kami untuk mengucapkan terima kasih kepada :
1. Bapak Pasiman, S.Pd. M.P.d selaku kepala SMK PSM
Randublatung
2. Bapak Winarno selaku pembimbing dari instansi
kecamtan jati yang telah berkenan memberi izin untuk Prakerin 2013.
3. Ibu Titik Yuliana, SE selaku pembimbing dari sekolah
4. serta semua pihak yang telah membantu terselesainya
Prakerin.
Penulis
menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Jadi kritik dan saran
yang sifatnya membangun dari pembaca laporan ini penulis harapkan.
Semoga
laporan ini bermanfaat bagi penulis khusunya dan pembaca umumnya.
Wassalamu’alaikum
Wr. Wb
Randublatung ………………2103
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL.................................................................................. i
HALAMAN
PENGESAHAN ................................................................... ii
MOTTO
DAN PERSEMBAHAN ............................................................. iii
KATA
PENGANTAR................................................................................ iv
DAFTAR
ISI............................................................................................... v
BAB
I PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang............................................................................... 1
1.2.
Tujuan Laporan.............................................................................. 1
1.3.
Metode
Pengumpulan Data............................................................ 1
1.4.
Sistematika
Penulisan..................................................................... 2
BAB
II PROSES KERJA
2.
2.1.
Latar
Belakang/Sejarah Instansi..................................................... 3
2.2.
Sruktur
Organisasi.......................................................................... 3
2.3.
Proses
Pengerjaan........................................................................... 4
2.4.
Hasil yang
dicapai.......................................................................... 5
2.5.
Waktu dan tempat
pelaksanaan...................................................... 5
BAB
III PENUTUP
3.
3.1.
Kesimpulan..................................................................................... 6
3.2.
Saran............................................................................................... 6
LAMPIRAN
(lembar konsultasi)
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar
Belakang Masalah
Dewasa ini
perusahaan jasa terutama yang berhubungan dengan jasa pengiriman uang sangat
diperlukan. Perusahaan milik pemerintah yang melayani kebutuhan masyarakat
dalam hal pengiriman uang harus siap bersaing dengan perusahaan swasta sejenis
yang memiliki tenaga tinggi. Dengan persaingan ini, perusahaan jasa dituntut
untuk mampu mempertahankan dirinya dengan cara meningkatkan kwalitas pelayanan
secara berkesinambungan.
PT. Pos
Indonesia (Persero) merupakan badan usaha milik Negara yang memberikan
pelayanan pada masyarakat dalam bidang layanan pengiriman berita, pelayanan
pengiriman barang atau paket, layanan pengiriman uang, dan memberikan pelayanan
kepada masyarakat dalam bidang keagenan. Dalam hal ini peranan pelayanan
pelanggan sangat berperan dalam memberikan pelayanan weselpos yang ada pada
PT.Pos Indonesia (Persero) Jati “DOPLANG”
1.2.
Maksud
dan Tujuan Penulis
Dalam penyusunan laporan ini penulis memiliki tujuan
yaitu :
1.
Untuk mengetahui tujuan pelayanan wesel
pos pada PT pos Indonesia (Persero) Jati, Doplang.
2.
Untuk mengetahui prosedur dan pengolahan
pelayanan wesel pos pada PT. Pos Indonesia (persero) jati, Doplang
3.
Untuk mengetahui factor-faktor yang
mendukung atau menghambat dalam pengolahan pelayanan wesel pos pada PT. Pos
Indonesia (persero) Jati, Doplang
1.3.
Metode
Pengumpulan Data
Dalam penulisan menggunakan 3 metode
1.
Observasi
Yaitu pengalaman secara langsung
pada PT. Pos Indonesia Jati Doplang
2.
Wawancara
Wawancara adalah dengan bertanya
langsung dengan pembimbing instansi
3.
Metode literature
Yaitu pengumpulan melalui buku-buku
yang dapat menunjang penyusunan laporan
1.4.
Sistematika
Penulisan
Sistematika penulisan laporan/proposal ini meliputi
:
BAB
I PENDAHULUAN : Pada bab ini berisi
tentang latar belakang masalah, maksud
dan tujuan penulisan, metode pengumpulan data, sistematika penulisan
BAB
II PROSES KERJA : Pada bab ini berisi
sejarah instansi, struktur organisasi, proses pengerjaan, hasil yang dicapai,
waktu dan tempat pelaksanaan
BAB
III PENUTUP : Pada
bab ini berisi
tentang kesimpulan dan saran
BAB
II
PROSES
KERJA
2.
2.1.
Sejarah
Instansi
PT. Pos
Indonesia sebelumnya masih dikenal dengan nama kantor pos dan giro. Dahulu
kantor pos dan giro hanya digunakan masyarakat atau penduduk hanya sebagai
kantor pengiriman surat saja. Karena pada jaman dahulu belum berkembang atau
belum modern seperti sekarang ini. Kantor pos dan giro berdiri sekitar tahun
1970 yang beranggotanya :
Kepada kantor/pimpinan : Bpk. Suwiyo
Bapak
Ladiman
Bapak
Mansyur
Setelah kepala
kantor Bapak Suwiyo pension digantikan oleh Bapak Sukarno, kemudian bapak
Sukarno dipindah di Kantor Pos Randublatung, dan kini telah diganti oleh bapak
Winarno selaku kepala kantor pos dan giro sekarang ini. Beliau lahir di Kedung
Tuban dan menempati PT Pos Indonesia cabang Jati Doplang yang kini beranggota :
a. Kepala
kantor/pompinan : Bapak Winarno
b. Anggota/Pengantar : Agung S
2.2.
Struktur
Organisasi
STRUKTUR ORGANISASI
PT POS INDONESIA JATI-DOPLANG
2.3.
Proses
Pengerjaan
1.
Pengiriman Wesel
Langkah-langkah
pertama petugas menawarkan jenis-jenis pengiriman wesel, setelah itu petugas
mengecek uang yang akan dikirim terlebih dahulu, apakah itu sudah cukup atau
belum, jika belum petugas bisa meminta uang kembali kepada pengirim apabila
uang itu kurang. Agar tidak terjadi kerugian kepada pihak kantor pos maupun
pengirim. Setelah itu petugas menulis alamat dan nama pengirim pada register
wesel pos. setelah selesai menulis alamat, petugas memasukkan data tersebut
dengan teliti, jika penulisan alamat ada yang salah maka wesel tidak terkirim
sesuai dengan alamat yang dituju.
Setelah
memasukkan data dalam computer biasanya pengirim akan diberikan tanda bukti
pengiriman yang didalamnya terdapat biaya atau potongan-potongan dan didalamnya
tanda bukti itu ada nomor resi, dan nomor resi itu adalah kode tertentu
(biasanya 13 digit) yang digunakan untuk jasa pengiriman barang sebagai kode
unik untuk setiap pengiriman barang dan sifatnya rahasia. Nomor resi sifatnya
rahasia dan yang boleh tahu hanya pengirim dan penerima saja.
Kegunaan nomor
resi berfungsi untuk mengecek atau menelusuri sudah sampai dimana pengiriman
wesel tersebut dan juga untuk memastikan wesel/barang tersebut telah sampai
kepada alamat yang dituju.
2.
Jenis-Jenis Wesel Pos
Dalam pengiriman
terdapat 3 jenis wesel yaitu :
·
Wesel biasa, wesel yang pengirimannya
4-5 hari dan tariff biayanya berkisar Rp. 7.000,- dan itu tergantung jarak yang
akan dikirim
·
Wesel prima, wesel yang pengirimannya
2-3 hari dan tariff biayanya berkisar Rp. 14.000,- dan itu juga tergantung
banyaknya uang yang akan dikirim
·
Wesel Instan, wesel yang pengirimannya
lebih mahal dari pada via ATM. Untuk pengiriman uang Rp. 200.000 biaya yang
dibebankan sebesar Rp. 16.000, untuk Rp. 201.000- Rp. 5.000.000 biaya yang
dibebankan sebesar Rp. 27.000 dan bisa langsung diambil oleh Penerima.
2.4.
Hasil
Yang Dicapai
·
Dapat
menangani dan mengelola dokumen secara sistematis
·
Menambah pengalaman bagi penulis tentang
pengelolaan
·
Menambah kedisiplinan dan tanggung jawab
·
Menjadikan penulis bersifat lugas dan
tegas
·
Terjadi hubungan kerjasama yang baik
dengan instansi
·
Dan penulis tahu tentang cara bekerja di
kantor
2.5.
Waktu
dan Tempat Pelaksanaan
1.
Waktu pelaksanaan prakerin (Praktek Kerja Industri)
Waktu pelaksanaan prakerin tanggal
25 Februari sampai dengan tanggal 24 Mei 2013
2.
Tempat pelaksanaan prakerin (Praktek
Kerja Industri)
Tempat pelaksanaan prakerin di PT Pos Indonesia
cabang Doplang
BAB
III
PENUTUP
3.
3.1.
Kesimpulan
Dalam
pelaksanaan PSG (prakerin) selama 3 bulan di PT POS INDONESIA (PERSERO) kami
mendapat suatu bekal ilmu yang sangat bermanfaat dan bekal tersebut dapat kami
gali dan kembangkan sebagai bekal utama untuk terjun langsung kedunia kerja
industry dan dunia usaha yang akan kami hadapi dalam persaingan era nyata
(persaingan bebas nyata mendatang)
Selain itu PT
POS INDONESIA (PERSERO) Jati-Doplang juga ikut bekerjasama dengan badan-badan
usaha lainnya untuk memberikan kemudahan bagi para pelanggan, misalnya untuk
membayar pajak, telepon dan sebagainya.
Dalam penyusunan
laporan ini penulis menyadari masih banyak kesalahan dan kekurangan. Akhirnya
tiada kata yang paling indah kecuali puji syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT
sempurna atas berjuta nikmat yang tercurah dan kita rasakan sampai saat ini.
3.2.
Saran
1.
Bagi PT POS INDONESIA (PERSER)
Jati-Doplang
·
Agar memperhatikan proses kerja karyawan
·
Kepada seluruh pegawai agar meningkatkan
dan mengutamakan kedisiplinan
·
Meningkatkan kerjasama dalam sistematika
kerja dengan berdasarkan kekeluargaan
·
POS sebagai penyedia jasa hendaknya
tidak membeda-bedakan pelanggan maupun menerima keluhan dari berbagai kalangan
masyarakat dengan tingkat sosial yang berbeda-beda
2.
Bagi sekolah
Kami menyarankan
kepada pihak sekolah atau guru yang telah ditunjuk sebagai pembimbing agar
lebih memperhatikan kembali siswa-siswinya selama Kegiatan (Prakerin)
LEMBAR
KONSULTAN
LAPORAN
PSG (PRAKERIN)
TAHUN
PELAJARAN 2013/2014
Hari/Tanggal
|
Materi
yang dikonsultasikan
|
Saran
pemecahan
|
paraf
|
12/06/2013
|
Judul
|
Menentukan
judul yang sesuai dengan yang dilaporkan prakerin
|
|
19/06/2013
|
PSG
Sistematika
penulisan
Proses
pengerjaan
|
Jadi
1 paragraf tiap bab diperjelas
Tariff
biaya pengiriman disertakan
|
|
24/07/2013
|
Sistematika
nomor resi
|
Menjadi
1 paragraf dijelaskan
|
|
02/09/2013
|
ACC
|
|
|
Informasi yang menarik dan bermanfaat, Semoga Sukses selalu, salam hangat dari kami yang masih magang di Tempat Magang Di Jogja :D
BalasHapussemoga anda senang dan berhasil ,,,maaf kurang bagus baru pertama buat laporan - laporan PRAKERIN
BalasHapus